Saturday, November 17, 2012

Teknologi Informasi dan Komunikasi : Masa Lalu, Kini, dan Nanti


Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial, selain itu juga diberikan akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia. Atas kebutuhan tersebut, manusia berupaya mencari dan membuat sebuah sistem dan alat untuk saling berinteraksi mulai dari bentuk gambar, isyarat, kata-kata, kalimat, tulisan, sampai dengan internet. Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia berkembang bersama dengan peradaban manusia yang semakin maju sampai kita menganal istilah IT (Information Technology). IT atau Teknologi Informasi terus dikembangkan dari informasi sederhana sampai informasi strategi.
Teknologi Informasi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana suatu informasi dapat diolah dan disampaikan secara mudah cepat dan efektif. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi pun semakin berkembang sehingga memudahkan kita untuk bertukar informasi dengan sesama tanpa waktu yang lama.  
Kemajuan dalam berkomunikasi semain lama semakin mudah dan cepat. Hal ini terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, informasi yang ingin disampaikan dari maupun kepada masyarakat pun akan semakin akurat dan cepat. Kehidupan tiap individu dan teknologi informasi dalam masyarakat pun akan menjadi sangat erat hubungannya, karena dengan adanya media informasi tersebut kita akan semakin cepat mengetahui kabar terbaru dari lingkungan sekitar kita maupun semakin menambah wawasan kita terhadap berbagai pengetahuan umum yang ingin kita ketahui melalui perangakat informasi tersebut.
Teknologi informasi sangatlah membantu dalam pekerjaan termasuk hal yang sehari-hari kita lakukan. Sebagai contoh dalam bidang ekonomi, dulu ketika kita membeli keperluan sehari-hari dan akan membayarnya kita menggunakan uang tunai. Sekarang uang tunai sudah bisa digantikan dengan Credit Card sehingga memudahkan dalam proses pembayaran.
Mungkin dulu sebelum adanya perkembangan teknologi informasi seseorang harus berjalan jauh atau mengirim surat untuk melakukan diskusi dengan seseorang terhadap suatu masalah, tapi sekarang terjadi perbedaan yang sangat jauh dimana seseorang dapat berdiskusi melalui media diinternet dengan cepat dan tanpa melakukan perjalanan jauh bahkan kedua orang tersebut terpisah jarak yang sangat jauh.
Dalam bidang pendidikan misalnya dalam pengajaran. Seorang pendidik akan bisa memberikan materi pelajarannya kepada peserta didik walapun tidak bisa hadir di sekolah atau mahasiswa yang dapat mengumpulkan tugas lewat media email kepada dosen yang bersangkutan.
Beberapa contoh diatas telah menjelaskan bahwa kehidupan manusia sudah sangat akrab dengan teknologi informasi yang telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi pekerjaan sehingga meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
Perbedaan situasi tersebut yang menjadikan adanya hal yang menjadikan teknologi informasi menjadi hal penting dan beemanfaat bagi manusia. Walaupun dapat kita katakan bahwa dengan mengirim surat merupakan aplikasi dari teknologi informasi yang ditemukan oleh manusia, tapi disini terdapat perbedaan kedudukan antara teknologi informasi sendiri. Dengan kata lain terjadi perubahan teknologi informasi konvensional ke teknologi informasi modern. Ada beberapa perbedaan antara teknologi informasi konvensional dan teknologi informasi modern, antara lain :
1.        Teknologi informasi modern membutuhkan wakru yang relative singkat, mudah, lebih terbuka dan fleksibel karena bersumber dari sesuatu yang berbasis elektronika seperti internet yang mudah di akses oleh siapapun dan dimanapun. Sedangkan Teknologi informasi konvensional membutuhkan waktu yang relatif lama karena bersumber pada sesuatu yang bersifat nyata, contohnya bersumber dari buku.
2.        Teknologi Informasi modern relatif lebih murah dibandingkan teknologi informasi konvensional. Karena dengan teknologi informasi modern kita dan dapat mengakses apa saja, kapan saja, oleh siapa saja, dan dimana saja tanpa batasan jarak/lokasi. Sedangkan teknologi tnformasi konvensional dalam mendapatkannya masih mengalami keterbatasan.
3.        Teknologi Informasi modern merupakan perpaduan antara metode tatap muka dengan metode online (via internet dan berbagai pengembangan teknologi informasi lainnya. sedangkan teknologi informasi konvensional cenderung menggunakan metode tatap muka .
4.        Teknologi informasi modern  memiliki sifat berkembang sesuai zaman dan perkembangan teknologi. Dengan demikian informasinya sangat bervariasi dan tidak hanya terpaku pada sumber yang sama. Contoh sumber yang berinovasi seperti adanya CD Tutorial, E-Book ataupun buku-buku online lainnya yang dapat di akses kapanpun. Sedangkan Teknologi informasi konvensional informasinya masih bersifat sama atau mengulang-ulang dalam mengembangkan informasi itu sendiri dan seni mengajarnya,  dan biasanya merupakan buku dan catatan yang sama sepanjang tahun.
Perkembangan teknologi informasi sangat berdampak pada beberapa bidang penting dalam kehidupan. Sehingga bidang tersebut menjadi berkembang seiring berkembangnya teknologi informasi. Bidang yang paling dominan memicu perkembangan teknologi informasi adalah :
1.      Bidang Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan merupakan salah satu kegiatan informasi. Pendidikan memberikan informasi pengetahuan dan teknologi yang dpaat disebarluaskan kepada peserta didiknya. Pengaruh dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran di dalam proses pembelajaran yaitu:
a.       Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
b.      Pergeseran dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
c.       Pergeseran dari kertas ke “on line” atau saluran,
d.      Pergeseran fasilitasfisik ke fasilitas jaringan kerja,
e.       Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.
Interaksi  antara pendidik  dan peserta didik tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Dengan perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara pendidik dan peserta didik dengan pendidikannya, melihat nilai peserta didik secara online, melihat jadwal kuliah, sampai mengirim berkas tugas, dan sebagainya. Dengan suatu pendidikan jarak jauh berbasis web  dapat dikembangkan antara lain :
a.       Pusat  kegiatan  peserta  didik  ;  sebagai  suatu  community  web  based  distance  learning  dapat  menjadikan  sarana  ini  sebagai  tempat  kegiatan  peserta  didik dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan  sebagainya.
b.      Interaksi dalam grup; para peserta didik dapat berinteraksi satu sama lain untuk  mendiskusikan  materi-materi yang diberikan  pendidik. Pendidik    dapat hadir  dalam  group  ini  untuk  memberikan  sedikit  ulasan  tentang  materi  yang  diberikannya.
c.       Sistem administrasi peserta didik ; para peserta didik dapat  melihat informasi  mengenai status, prestasi dan sebagainya.
d.      Pendalaman  materi  dan  ujian;  pendidik  dapat  mengadakan  kuis  singkat  dan  tugas  untuk  pendalaman  dari  apa  yang  telah  diajarkan  serta  melakukan  test  pada akhir masa belajar.
e.       Perpustakaan  digital;    berbagai  informasi,    kepustakaan  tidak  terbatas  pada  buku tapi  juga pada kepustakaan  digital seperti  suara, gambar dan  sebagainya  yang ditunjang dengan database.
f.       Materi  online  diluar  materi  kuliah;  untuk  menunjang  perkuliahan,    tentu  diperlukan  juga  bahan  bacaan  dari  web  lainnya.  Pendidik    dan  peserta  didik  dapat  langsung  terlibat  memberikan  bahan  lainnya  untuk  di  publikasikan  kepada peserta didik lainnya melalui web.
g.      Di Negara maju, pendidikan jarak jauh telah menjadi alternative pendidikan yang cukup berhasil. Karena peserta didik yang mengikuti pendidikan jarak jauh diikuti oleh berbagai kalangan seperti, karyawan, eksekutif, ibu rumah tangga, sampai orang lanjut usia.
2.    Bidang Pemerintahan
Dalam bidang pemerintahan penggunaan teknologi informasi dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan baru seperti (G2C (Goverment to Citizien), G2B (Government to Buisness), dan G2G (Government to Goverment). Penggunaan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan biasa disebut e-government. Manfaat e-government antara lain :
a.       Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari tanpa harus mendatangi kantor atau tempat belajar.
b.      Peningkatan  hubungan  antara  pemerintah,  pelaku  bisnis,  dan  masyarakat  umum,  adanya  keterbukaan  (transparansi)  maka  diharapkan  hubungan  antara  berbagai  pihak  menjadi  lebih  baik,  keterbukaan  ini  menghilangkan  saling  curiga dan kekesalan dari semua pihak.
c.       Pemberdayaan  masyarakat  melalui  informasi  yang  mudah  diperoleh.  Dengan  adanya  informasi  yang  mencukupi,  masyarakat  akan  belajar  untuk  dapat  menentukan  pilihannya.  Sebagai  contoh,  data-data  tentang  sekolah:  jumlah  kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan  secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas  untuk anaknya.
d.      Pelaksanaan  pemerintahan  yang  lebih efisien.  Koordinasi  pemerintahan  dapat  dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Untuk  Indonesia yang  luas areanya sangat besar, hal ini sangat  membantu. Tanya jawab, koordinasi,  diskusi  antara  pimpinan  daerah  dapat  dilakukan  tanpa  kesemuanya  harus  berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta  untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.
e.       Tuntutan  masyarakat  akan  pemerintahan  yang  baik  sudah  sangat  mendesak  untuk dilaksanakan oleh aparatur pemerintah. Salah satu solusi yang diperlukan adalah  keterpaduan sistem penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi on-line antar instansi pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengakses seluruh data dan  informasi  terutama  yang  berhubungan  dengan  pelayanan  publik.
3.   Bidang Ekonomi / Perbankan
Di bidang ekonomi / perbankan juga sekarang sudah menggunkaan teknologi informasi dalam pelayanannya untuk meningkatkan pelayanan agar lebih baik. Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang  tidak  lagi  menggunakan  uang  tunai  dalam  transaksi  pembayarannya,  tetapi  telah  memanfaatkan  layanan  perbankan  modern. Untuk menunjang keberhasilan  operasional  sebuah  lembaga  keuangan/perbankan  seperti  bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan  mudah  oleh  nasabahnya,  yang  pada  akhirnya  akan  bergantung  pada  teknologi  informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia  berada selama masih ada layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari bank tersebut,  atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening  yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Ketika pertama kali penggunaan sebuah teknologi ponsel mulai mewabah di kalangan masyarakat ponsel tersebut hanya memiliki fitur utama telepon dan sms dan hanya tersedia koneksi internet sederhana yang kecepatannya jauh dibawah GPRS. Dalam mengikuti perkembangan jaman hingga memasuki tahun 2012, perkembangan teknologi seluler berkembang secara luar biasa. Fitur-fitur yang sebelumnya tidak terduga bisa dijejali kepada perangkat mungil itu. Walaupun kenyataannya ukuran ponsel saat ini tidak bisa disebut mungil karena membutuhkan ukuran layar yang besar dan lebar demi kenyamanan pengguna.
Sebagai contoh sebuah smartphone Blackberry lebih bisa disebut sebagai handset bukan ponsel karena fitur yang ditawarkan melebihi dari makna sebenarnya dari ponsel. Produk terbaru Blackberry rata-rata sudah memiliki teknologi jaringan 3,5G (setingkat diatas 3G) dengan kecepatan koneksi internet berjenis HSPDA dan HSUPA. Kecepatan maksimal akses internet yang ditawarkan konon melebihi kecepatan internet yang disediakan melalui jaringan kabel yang sudah lama digunakan di Indonesia. Selain itu fitur-fitur penunjang dan wajib lainnya seperti kamera megapixel, LCD yang berukuran besar, slot memory, sistem operasi, GPS, pemutar musik, wireless LAN, dan masih banyak fitur lainnya. Semua fitur yang dulunya terdapat di komputer yang berukuran besar, sekarang bisa masuk dalam satu genggaman. Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun teknologi ponsel sudah berkembang begitu pesatnya, jadi apabila kita prediksi bagaimana perkembangan teknologi 5 atau 10 tahun lagi bisa dibayangkan berapa besar perubahan yang akan terjadi. Mungkin dalam waktu dekat ponsel tidak lagi hanya sebagai office reader namun bisa menjadi office editor bahkan creater. Jadi pebisnis maupun mahasiswa khususnya dapat mengerjakan tugasnya dengan cepat melalui ponsel. Jika dibandingakan penemuan teknologi informasi terdahulu dengan sekarang terdapat perubahan yang sangat pesat.
Tidak hanya pada ponsel, apanila kita melihat perkembangan alat elektronik audiovisual yang sudah akrab dengan kehidupan manusia berpuluh-puluh tahun, televisi (TV), sudah berkembang begitu pesat. Dulu TV diproduksi dengan bentuk yang besar, layar cembung dan dengan warna hanya hitam dan putih. Berkembang menjadi TV berwarna, layar datar, hingga sekarang muncul TV yang bisa mengakses internet. Mungkin 20 tahun mendatang TV dengan spesifikasi seperti ini sudah meluas penyebarannya dan mungkin sudah dilengkapi dengan akses semua channel di  seleuruh dunia juga bisa dilengkapi dengan webcam sehingga bisa menjadi alat komunikasi tanpa batas.
Jaringan internet sebagai penunjang perkembangan teknologi dimasa mendatang juga akan lebih meluas lagi penggunaannya, dengan kualitas jaringan mungkin bisa mencapai 8G.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk tahun-tahun kedepan akan terjadi perkembangan lebih pesat dengan penemuan-penemuan yang terbaru dari teknologi informasi. Misalnya 20 tahun yang akan datang penggunaan media yang berbasis internet sudah dapat digunakan disegala daerah atau hardware yang sekarang dikatakan mahal nantinya menjadi hal yang biasa digunakan sebagai bagian dari kehidupan manusia. Bahkan proyeksi virtual secara 3 dimensi menjadi penemuan yang akan datang, sehingga menjadikan teknologi informasi semakin maju dan canggih.
Pada tahun lalu, tepatnya tanggal 9 Juli 2011 diadakan  workshop tentang Peran Blogger Asean dalam Kerjasama Ekonomi Sosial Budaya ASEAN – Mitra Wicara yang diselenggarakan oleh Kementrian Luar Negeri RI Ditjen Kerjasama Asean Dalam diskusi dibahas bahwa dalam beberapa tahun lagi akan muncul teknologi yang dinamakan teknologi 4G, bahkan ada yang menambahi embel-embel dibelakangnya menjadi 4G LTE (Long Term Evolution).
Konon teknologi seluler 4G LTE akan mengubah secara drastis masyarakat dalam kehidupan dan berinteraksi antar individu. Saya berharap kecanggihan teknologi mendatang tidak menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh , dimana hal ini mulai terjadi ketika dunia seluler memasuki teknologi 3G. Sebagai contoh, dalam suatu rapat, ada beberapa anggota yang sibuk dengan gadgetnya untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak ada ditempat itu, sedangkan dia mengacuhkan orang-orang yang berada di tempat tersebut.
Teknologi 4G LTE konon akan mengubah kehidupan manusia menjadi satu dalam genggaman. Gambaran yang saya lihat 10 mendapat seperti tanda pengenal elektronik dan rekening elektronik yang tergenggam langsung dalam gadget (handset) sehingga manusia tidak perlu repot-repot membawa idendtitas dan lembaran uang yang cukup tebal. Selain itu masalah lambatnya koneksi internet dan mahalnya biaya penggunaan internet teratasi dengan teknologi 4G ini karena teknologi ini cukup murah dikembangkan dan mendukung teknologi yang sudah ada sebelumnya seperti 3G dan 2G sehingga handset lama masih dapat digunakan. Dalam diskusi teknologi komunikasi dari Perwakilan Telkomsel Jateng DIY, saat ini Telkomsel sedang menguji coba teknologi 4G di beberapa kota. Rencananya dalam lima tahun kedepan Telkomsel siap menyambut teknologi 4G yang telah diintegrasikan kedalam handset terbaru yang dilepas pasaran dan mampu dinikmati secara maksimal oleh pengguna baru handset berteknologi 4G.
Sebagai hasil dari sebuah perkembangan tentu saja teknologi informasi memiliki dampak positif dan negatif dalam berbagai aspek kehidupan, yaitu.
1.      Dampak Positif
a.       Membantu dalam bidang pendidikan, seperti adanya e-learning. Dengan mudahnya meng-akses internet dimanapun maka proses pembelajaran akan terjadi dimanapun selama internet dapat di akses. Selain itu peserta didik bukan hanya dari kalangan siswa atau mahasiswa, tetapi ibu-ibu rumah tangga atau orang lanjut usia sekalipun dapat mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan secara online. Dan masih banyak hal yang menguntungkan serta bermanfaat dari perkembangan teknologi informasi.
b.      Membantu dalam bidang pemerintahan, sehingga terciptanya G2C  (Governmet  to  Citizen),  G2B  (Government  to  Business),  dan  G2G  (Government  to  Government. Kemudian informasi mengenai pemerintahan dapat di ketahui oleh masyrakat secara transparan dan dapat diakses oleh siapapun, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat sendiri. Selain itu pelaksanaan pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien. Dan masih banyak hal yang menguntungkan serta bermanfaat dari perkembangan teknologi informasi.
c.       Membantu dalam bidang ekonomi / perbankan, menjadikan pelayanan terhadap masyarakat yang ikut serta dalam perbankan menjadi di mudahkan dan cepat. Sebagai contoh sebuah mesin ATM dapat menjadi hal penting ketika seorang nasabah membutuhkan uang ketika kantor bank tutup. Selain itu proses pembayaran yang mengharuskan mengeluarkan uang dengan nominal banyak menjadi mudah ketika menggunakan Creadit Card, dan masih banyak hal yang menguntungkan serta bermanfaat dari perkembangan teknologi informasi. Dan masih banyak hal yang menguntungkan serta bermanfaat dari perkembangan teknologi informasi.
d.      Membantu dalam bidang kesehatan, dengan bantuan teknologi informasi saat ini memungkinkan dokter dapat terbantu dengan system alat yang dapat mengidentifiaksi tumor atau penyakit lain hanya dengan penyinaran sinar-x. Selain mengidentifikasi dapat juga membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
e.       Membantu dalam bidang umum, adanya kemudahan dalam mengerjakan suatu kegiatan secara cepat, tepat, dan akurat sehingga dapat meningkatkan kinerja. Komputer ada di mana-mana, semakin portable dan mobile. Ketersediaan jaringan internet sangat tinggi karena itu akses terhadap informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Dengan teknologi informasi dan komunikasi semua proses kerja dan konten akan diubah dari bentuk fisik dan statis menjadi digital, mobile, virtual ataupun personal sehingga  kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan cepat.
2.   Dampak Negatif
a.     Terekspose berita yang bersifat privacy seseorang tapi dapat di ketahui oleh orang lain, dan menjadi hal yang biasa.
b.     Pornografi dapat mudah diakses.
c.     Terjadi penipuan karena dapat secara cepat berkenalan dengan orang lain tanpa tahu siapa orang tersebut.
d.     Terjadi perjudian dengan bermacam media berbasis internet.
e.     Tayangan kekerasan atau kejahatan dapat di akses mudah.

0 comments:

Post a Comment